Kesehatan

Definis, Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati Demam Zika

Banyak jenis virus yang bisa menimbulkan penyakit, salah satunya adalah virus Zika. Dimana, virus Zika ini merupakan virus yang cara penyebarannya melalui perantara gigitan nyamuk, khususnya nyamuk spesies Aedes aegypti. Seperti yang diketahui bersama bahwa nyamuk Aedes aegypti ini merupakan nyamuk yang sama dengan nyamuk penyebar demam kuning, dengue, dan chikungunya. Nah, virus Zika ini bisa menyebabkan Demam Zika (zika fever) atau penyakit Zika (Zika disease). 

Penyebab Demam Zika

Sesuai dengan namanya, penyebab Demam Zika ini adalah dari virus Zika. Perlu diketahui bahwa virus Zika ini termasuk ke dalam kelompok virus flavivirus yang masih satu keluarga dengan virus penyebab demam berdarah (dengue). 

Cara penyebaran virus Zika ini adalah nyamuk Aedes aegypti mengambil serta membawa virus dari orang yang terinfeksi virus tersebut. Lalu melalui gigitannya kembali, nyamuk ini menyebarkan virus kepada orang yang belum terinfeksi. 

Selain melalui gigitan nyamuk Aedes agypti, virus Zika ini juga bisa ditularkan dari sang bunda ke janin di dalam kandungannya. Jika terkena infeksi Zika saat hamil, maka akan berisiko terjadi keguruan dan mikrosefali, yakni berupa kelainan pada bayi yang dapat membuat otak tidak berkembang dengan sempurna.

Gejala Demam Zika

Memang deman Zika ini sering tidak menunjukan tanda atau gejala apa pun sehingga penderita tidak menyadari bahwa dirinya terkena infeksi virus Zika. Akan tetapi, tanda/gejala akan muncul 3-12 hari setelah tergigit. Dan gejala tersebut akan berlangsung selama beberapa hari.  Adapun gejala demam Zika adalah sebagai berikut ini :

  • Demam
  • Ruam
  • Tubuh merasa lemah dan mudah lelah
  • Nyeri sendi
  • Nyeri otot
  • Konjungtivitis atau peradangan pada kelopak mata 

Cara Mengobati Demam Zika

Pengobatan ini dilakukan hanya untuk mengurangi gejala yang dialami oleh si penderita. Berikut beberapa penanganan yang bisa dilakukan :

  • Istirahat dan tidur yang cukup
  • Memperbanyak mengonsumsi air mineral guna mencegah dehidrasi
  • Mengonsumsi obat-abatan untuk mengatasi demam dan sakit kepala, seperti paracetamol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *