Tips Merawat Mobil Supaya Performanya Efektif

Mobil aman, anda nyaman

Saat ini mobil bukan lagi merupakan hal mewah, bahkan tidak sedikit masyarakat yang menjadikannya sebagai kebutuhan sekunder setellah sandang, pangan dan papan. Oleh sebab itu, mobil perlu dirawat dengan baik agar performanya tetap efektif. Berikut ini adalah tips bagaimana cara untuk merawat mobil.

  1. Cek oli mesin

Oli merupakan salah satu komponen pendukung performa mesin kendaraan. Seain itu, oli berfungsi sebagai pelumas yang menahan gesekan antar mesin mobil. Supaya hasilnya maksimal, lakukan pengecekan oli secara rutin. Sesuaikan oli dengan jenis kendaraan anda (manual/matic). Untuk mengetahui kapan waktu terbaik mengganti oli, dapat dilihat pada jarak kilometernya. Setiap mobil memiliki ketentuan tersendiri. Akan tetapi, sebaiknya setiap 5000 km-10.000 km oli mesin harus diganti.

Cara untuk mengecek oli mesin yaitu dengan mencabut stik oli yang ada di dalam mobil. Stik oli memiliki indikator level untuk mengecek Sewa Mobil di Bandung apakah oli mesin harus ditambah atau tidak. Jika volume oli berada di posisi bawah artinya oli harus dutambah. Jika volume oli berada di atas/full maka tidak perlu ditambah. Akan tetapi jika volume oli berada di atas full artinya oli terlalu penuh dan ini menyebabkan mesin berat saat berjalan.

  1. Cek air radiator

Air radiator berfungsi sebagai pendingin mobil untuk menjaga temperatur mesin agar tetap ideal. Radiator yang kekurangan air menimbulkan overheat yang menyebabkan mesin kendaraan rusak. Oleh sebab itu, supaya tidak overheat, radiator memerlukan perawatan rutin.

Sebaiknya setiap seminggu sekali lakukan pengecekan air radiator.  Panas yang berasal dari mesin dan radiator akan membuat air di dalam radiator menguap sehingga volumenya berkurang. Umumnya, letak radiator berada di bagian depan mobil. Radiator di cek dengan membuka tutupnya kemudian lakukan pemeriksaan pada air, jika air keruh sebaiknya diganti yang baru. Jika volume air dalam radiator kurang sebaiknya ditambah sampai batas volume yang tertera. Akan tetapi, jangan sampai terlalu penuh.

  1. Aki mobil

Aki mobil merupakan salah satu komponen utama jalannya mobil. Aki yang rusak menyebabkan mobil mogok dan sulit dihidupkan kembali. Oleh sebab itu, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya aki dicek secara rutin.

Pengecekan aki dilakukan dengan memeriksa bagian berikut. Pertama, air di dalam aki. Pastikan air aki berada pada level yang ideal yaitu di atas garis terendah dan dibawah garis tertinggi. Jika air aki kurang, tambahkan volume air sampai ideal. Kedua, pastikan kutub-kutub di atas aki tidak kotor atau mengalami oksidasi akibat reaksi kimia. Jika kutub positif dan negatif kotor, segera bersihkan. Ketiga. Periksa tegangan pada aki dengan voltmeter. Tegangan normal aki berada pada angka 12 volt.