Wisata Pantai Kutang yang Sulit Dilupakan

Disaat jenuh melanda, berwisata merupakan salah satu kegiatan menyenangkan untuk melepas penat dan menyegarkan tubuh. Berwisata tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, di negeri sendiri terdapat banyak keindahan alam dari sabang sampai merauke yang tak kalah indah. Mulai dari pegunungan, pantai, danau, candi dan lainnya. Dari sekian banyak tempat wisata di Indonesia, terdapat tempat wisata yang memiliki nama unik yaitu “Pantai Kutang”. Namanya terdengar menggelitik di telinga namun sulit untuk dilupakan.

Sejarah Pantai Kutang

Kutang dalam bahasa jawa bermakna pakaian dalam wanita atau bra. Munculnya nama tersebut bukan berarti jika banyak pengunjung yang memakai bra saat berkunjung namun ia memiliki sejarah tersendiri. Menurut warga setempat, dulunya pantai ini dipakai pasangan muda untuk berkumpul. Setelah pergi, mereka sealalu meninggalkan pakaian dalam disini. Suatu ketika masyarakat yang berinisiatif untuk membersihkan pantai banyak sekali menemukan kutang dan sampah yang berserakan. Itulah asal muasal julukan ini disematkan. Walaupun sekarang sudah bersih namun nama pantai ini masih melekat dan Tempat wisata hutan pinus yogyakarta menjadi salah satu tempat populer yang sayang untuk dilewatkan.

Destinasi Wisata ini berlokasi di perairan laut jawa tepatnya terletak di Desa Labuhan, Kecamatan Brondong, Lamongan, Jawa Timur. Transportasi untuk sampai di pantai ini terbilang tidak sulit, dari stasiun lamongan ke pantai menempuh jarak sekitar 60 km dengan kendaraan sepeda roda dua. Setelah 500 m melalui jembatan akan terpampang jelas tulisan “pantai kutang” yang menjadi pertanda bahwa pengunjung sudah sampai di lokasi. Untuk memasuki pantai, pengunjung dikenai tarif Rp. 1000/orang dan parkir motor Rp. 3000, sayangnya kendaraan roda empat belum bisa memasuki pantai karena jalan masih sempit dan rusak. Pantai ini sangat bersih dan tidak ada ombak besar. Di pinggir-pinggir pantai juga terdapat warung-warung makanan dan juga gazebo yang disewakan per 30 menit dg tarif Rp. 20.000.

Surga tersembunyi di Pantai Kutang

Pantai ini menawarkan keindahan pasir putih serta jembatan kayu warna-warni yang menghubungkan lokasi parkir hingga bibir pantai. Pengunjung bisa mengambil foro-foto dan menikmati panorama alam sambil berjalan di jembatan. Di sebelah utara terdapat lautan yang tenang dan di sebelah selatan terdapat hutan mangrove yang hijau dengan pemandangan yang epic. Pada hari biasa, keindahan pantai yang diperlihatkan tidak begitu menarik. Namun jika berkunjung di pantai saat air sedang surut, pengunjung akan menemukan surga yang tersembunyi. Batu karang yang selama ini tertutup air serta air laut yang hijau akan muncul sebagai pemandangan alam yang indah. Terdapat pula ayunan yang dapat dipakai untuk foto dengan latar belakang pantai yang menawan. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati dan berfoto dengan panorama matahari terbenam (sunset) di sore hari.