Kuliner

Beragam Manfaat Mangga Untuk Kesehatan Tubuh

Ternyata buah mangga tidak hanya rasanya saja yang manis, tetapi mengandung banyak vitamin sehingga menjadikannya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kandungan nutrisi yang kaya pada buah mangga seperti Vitamin C, Pottasium, serta magnesium. Buah mangga tidak hanya enak dimakan langsung dalam keadaan segar saja tetapi juga lezat dijadikan jus buah hingga pudding. 

Berikut dibawah ini beragam manfaat mangga untuk kesehatan tubuh diantaranya yaitu :

  1. Membantu Pencernaan

Salah satu manfaat buah mangga untuk kesehatan adalah dapat membantu memperlancar pencernaan yang sehat. Pasalnya mangga mengandung enzim yang dapat membantu pemecahan dan pencernaan protein serta serat yang membuat bekerja dengan optimalnya saluran pencernaan. 

  1. Membuat Usus Lebih Sehat

Serat prebiotik pada mangga dapat memberikan makanan bagi bakteri yang baik pada usus. Tidak sehatnya usus dapat menyebabkan kerusakan kondisi kesehatan. Saat usus bermasalah pastinya tidak dapat berjalan dengan optimalnya penyerapan makanan. 

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan antioksidan yang kuat pada mangga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C pada mangga juga pastinya bermanfaat untuk kesehatan tubuh. 

  1. Meningkatkan Kesehatan Mata

Buah mangga tidak hanya mengandung vitamin C saja tetapi juga Vitamin A yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mata. Kandungan antioksidan didalamnya juga dapat mencegah degenerasi makula terkait usia atau hilangnya penglihatan. 

  1. Menurunkan Kolesterol

Mangga juga dapat dimanfaatkan untuk mengatur kadar kolesterol. Pasalnya kadar pektin yang tinggi pada mangga dapat membantu menurunkan lipoprotein densitas rendah (LDL atau kolesterol jahat) yang menyebabkan plak pada pembuluh darah sehingga aliran darah terhambat.  

  1. Menyehatkan Kulit

Dan ternyata mangga juga dapat membantu menyehatkan kulit, pasalnya kandungan vitamin C didalamnya sangat penting untuk perbaikan kulit yang sehat. Mangga kaya akan nutrisi yang dapat menyembuhkan kulit. Misalnya serat pada mangga dapat membersihkan usus dari kelebihan muatan yang mengandung zat beracun. 

Selain itu masih ada manfaat mangga lainnya untuk kesehatan tubuh seperti mencegah asam lambung dan mencegah kanker. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *