Informasi

6 Rukun Shalat Jumat Yang Wajib Dipenuhi Khatib

MUI Imbau Khatib Salat Iduladha 1440 H Sampaikan Pesan Perdamaian

Shalat Jumat adalah shalat dua raka’at setelah khutbah pada waktu Dzuhur, ditunaikan di hari Jumat. Hukum Shalat Jumat adalah Fardhu ‘ain artinya wajib atas tiap tiap laki-laki dewasa dan beragama Islam, merdeka, dan tetap dalam negeri. Shalat Jumat tidak wajib atas perempuan, kanak-kanak, hamba sahaya, dan mereka yang sedang dalam perjalanan.

Allah SWT berfirman :

“Hai orang-orang yang beriman apabila diseru untuk menunaikan shalat pada hari Jum’at, maka bergeserlah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual-beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”

Rasulullah SAW berkata, “Jumat itu hak yang wajib dikerjakan oleh tiap-tiap orang Islam dengan berjamaah bersama-sama, dikecualikan empat macam : 1 Hamba Sahaya, 2 Perempuan, 3 Kanak-kanak, dan 4 Orang sakit.” (HR. Abu Daud dan Hakim).

Salah satu syarat shalat Jumat dianggap sah adalah adanya khutbah yang disampaikan khatib kepada para jamaah. Rukun Khutbah Jumat bertujuan untuk memberi nasihat dan peringatan agar senantiasa mentaati perintah Allah SWT serta menjauhi larangan-Nya.

Berikut dibawah ini penjabaran 6 rukun Shalat Jumat yang wajib dipenuhi Khatib :

  • Mengucapkan Puji-pujian Kepada Allah SWT

Khatib mengucapkan puji-pujian kepada Allah SWT. Keterangan amal Rasulullah SAW, yang diriwayatkan dalam hadits riwayat Imam Muslim.

  • Mengucapkan Shalawat Atas Rasulullah SAW

Sebagian ulama berpendapat bahwa mengucapkan shalawat atas Rasulullah SAW ini tidak wajib, namun sebagian besar ulama menyatakan hal tersebut wajib.

  • Mengucapkan Syahadat

Khatib wajib mengucapkan syahadat (menyaksikan bahwa tidak ada Tuhan yang sebenarnya melainkan Allah dan menyaksikan bahwa Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah).

Rasulullah SAW bersabda, “Tiap-tiap khutbah yang tidak ada syahadatnya, adalah seperti tangan yang terpotong.” (HR. Ahmad dan Abu Daud).

  • Berwasiat Atau Memberi Nasihat

Khatib wajib berwasiat atau memberi nasihat dengan taqwa dan mengajarkan apa-apa yang harus kepada para jamaah yang hadir, sesuai dengan keadaan tempat dan waktu, baik urusan agama ataupun urusan dunia seperti ibadah kesopanan, pergaulan, perekonomian, pertanian siasat, dan lain sebagainya. Menyampaikannya dengan bahasa yang mudah dipahami para jamaah.

  • Membaca Ayat Al-Quran

Khatib wajib membaca ayat Al-Quran pada salah satu khutbah. Rasulullah SAW bersabda, dari Jabir bin Samurah, katanya “Adalah Rasulullah SAW, berkhutbah berdiri, beliau duduk diantara keduanya, beliau lalu membaca akan beberapa ayat Al Qur’an, dan memperingati agar selalu meningkatkan iman.”

  • Mendoakan Mukmin Dan Mukminat

Terakhir, khatib wajib memanjatkan doa untuk mukmin dan mukminat pada khutbah yang kedua. Sebagian ulama berpendapat bahwa doa dalam khutbah juga termasuk rukun.”

Sementara, syarat dua khutbah adalah :

  1. Kedua khutbah tersebut hendaklah dilakukan setelah matahari tergelincir, keterangan amal Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Bukhari.
  2. Khatib hendaklah berdiri saat berkhutbah jika mampu, keterangan ini adalah amalan Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.
  3. Khatib hendak duduk diantara dua khutbah, dan ketika duduk tersebut disunnahkan untuk membaca surat Al-Ikhlas. Keterangan ini merupakan amalan Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.
  4. Khatib hendaklah menyampaikan khutbah dengan suara keras kira-kira terdengar oleh para jamaah yang berada di ruangan maupun diluar ruangan, karena yang dimaksud dengan mengadakan khutbah tersebut adalah untuk pelajaran serta nasehat kepada para jamaah.
  5. Hendaknya berturut turut, baik rukunnya, jarak keduanya, maupun antara kedua dengan shalat.
  6. Khatib hendaknya suci dari hadast atau najis, keterangan tersebut merupakan amal Rasulullah SAW yang diriwayatan oleh Imam Bukhari.
  7. Terakhir, khatib hendak menutup auratnya. Khatib disunnahkan mengenakan jubah berwarna putih. Keterangan amal Rasulullah SAW tersebut diriwayatkan Bukhari Muslim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *